12213127
4EA17
Corporate Social Responsibility (CSR)
A. PENDAHULUAN
Keberadaan perusahaan tidak bisa lepas
dari publik yang ada di lingkungan di luar organisasi. Pihak manajemen harus
menyadari bahwa mereka tidak bisa hanya mengejar keuntungan semata, tapi juga
aktivitas yang dijalankan perusahaan sedikit banyak akan membawa konsekuensi
sosial bagi publik. Oleh karena itu ada tuntutan moral bagi pihak manajemen
untuk memperhatikan kepentingan publik. Perusahaan yang tidak mampu mencermati
lingkungan sosialnya cenderung bersifat tertutup dan akan mengalami kesulitan ketika
publik akhirnya melontarkan isu-isu yang menyudutkan perusahaan. Sedangkan perusahaan
yang mampu mencermati berbagai kepentingan dan perubahan dalam lingkungan sosialnya,
akan lebih siap ketika perusahaan harus menghadapi isu dan tuntutan publik.
Seiring dengan perkembangan gerakan peduli lingkungan dan publik yang semakin
kritis, perusahaan saat ini dituntut untuk memberikan tanggung jawab yang lebih
besar atas dampak kegiatan mereka terhadap sosial dan lingkungan.
Hal yang perlu menjadi perhatian pihak
manajemen adalah bagaimana mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki agar
bisa dioptimalkan dalam mencapai objective perusahaan, juga mempertimbangkan
perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan yang diakibatkan oleh semakin
meningkatnya tuntutan publik, tingkat persaingan yang kompetitif dan keinginan
perusahaan dalam memperoleh dukungan publik. Kenyataan inilah yang memunculkan
konsep tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility atau CSR).
B. TEORI
Program CSR merupakan investasi bagi
perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan
bukan lagi dilihat sebagai sarana biaya(cost centre) melainkan sebagai sarana
meraih keuntungan (profit centre). Program CSR merupakan komitmen perusahaan
untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable
development).
PENGERTIAN
Istilah Corporate Social Responsibility
(CSR) erat kaitannya dengan masyarakat dan perusahaan-perusahaan besar. Pada
dasarnya CSR merupakan bentuk kontribusiperusahaan untuk keberlangsungan
kehidupan masyarakat di sekitarnya, baik secarasosial, ekonomi dan lingkungan
masyarakat.
Secara harfiah CSR diartikan sebagai tanggung jawab sosial
perusahaan. Sedangkan menurut World Bank, CSR adalah komitmen dari bisnis untuk
berkontribusi bagi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan untuk meningkatkan
kualitas kehidupan sehingga berdampak baik bagi bisnis sekaligus baik bagi
kehidupan sosial. Para pengamat bisnis juga ada yang mengartikan CSR sebagai
bentuk komitmen usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan
berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas
hidup dari karyawan dan keluarganya, masyarakat lokal dan masyarakat secara
lebih luas.
C. ANALISIS
Contoh kasus perusahaan
yang telah melakukan CSR yaitu PT Kimia Farma Tbk
CSR PT Kimia Farma Tbk
sudah menangani :
- Unit kerja Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk membina & mengembangkan sektor usaha kecil dan menengah (UKM)
- Koperasi
- Isu isu sosial (bencana alam, sunatan massal, pembangunan masjid, donor darah, mudik bersama, pengobatan gratis, bakti sosial)
D. REFERENSI
https://prezi.com/8ucwbxmcilie/analisa-csr-pada-pt-kimia-farma-tbk/
file:///C:/Users/user/Downloads/S1-2014-282205-chapter1.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar